Pertanyaan yang sering di tanyakan ketika Memesan Paket Tour ke Jepang
Memilih Tour !
TourJapan memiliki banyak sekali pilihan tour yang menarik! Mana yang harus saya pilih?
Pertanyaan yang bagus! Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ijinkan kami untuk menanyakan beberapa hal berikut :
Kapan Anda mau jalan-jalan?
Jepang memang menawarkan tempat wisata yang tidak tergantung oleh waktu-waktu tertentu setiap tahunnya. Meski begitu, ada dua musim di Jepang yang rasanya pantas untuk disebutkan secara khusus : Musim Sakura (Sakura) yang biasanya berlangsung selama akhir Maret hingga pertengahan April, dan Musim Gugur (Koyo) yang biasanya berlangsung selama pertengahan Oktober hingga akhir November.
Namun jika anda melewatkan musim-musim yang telah disebutkan di atas, tenang saja, akan selalu ada cara untuk menikmati Jepang, kok. Misalnya, musim dingin di Jepang adalah tempat yang sangat indah untuk bermain ski, sedangkan musim panas di Jepang adalah musim yang sangat pas untuk melihat festival ataupun berburu buah-buahan. Jika Anda ingin merasakan sensasi dari musim-musim tertentu di Jepang, Anda bisa cek beberapa pilihan wisata kami yang bertema : Bunga Sakura, Petualangan Musim Panas, Musim Gugur, dan Liburan Musim Dingin.
Pengalaman seperti apa yang ingin Anda rasakan?
Jika ternyata Anda memilih untuk ke Jepang dengan alasan lain, Jepang akan menerima Anda dengan hangat kapanpun yang Anda mau. Selain dari program musiman yang sudah disebutkan di atas, kami juga memiliki pilihan yang sangat luas yang telah terkategorikan berdasarkan tema-tema lain yang tersedia sepanjang tahun. Tema-tema tersebut seperti wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata keluarga. Kalaupun misalnya Anda tidak memiliki tujuan khusus, Anda bisa menikmati Wisata Klasik Jepang yang menawarkan pengalaman yang seimbang.
Traveler seperti apakah Anda?
Tour kami juga telah dikategorikan berdasarkan gaya liburan yang bisa jadi berbeda-beda tiap Traveler. Jika kalian adalah sekumpulan anak muda yang selalu penasaran akan hal baru dan menyukai tantangan, kami merekomendasikan paket tour dengan gaya aktif. Jika Anda mencari pelarian dari rutinitas keseharian yang membosankan dan lebih suka liburan yang santai, maka paket tour dengan gaya yang nyaman bisa menjadi pilhan. Atau anda pun bisa memilih paket tour di antara keduanya yang menawarkan pengalaman yang langka dan beda dari yang lainnya.
Menghubungi Kami
Jika saya punya pertanyaan, kemana saya harus bertanya?
Layangkan pertanyaan Anda Via Official Line Atau Whats Up di Bawah ini , maka team kami akan membalas pertanyaan anda dalam beberapa menit di jam kerja.
Email : [email protected]
Atau klik link berikut untuk lebih jelasnya
Hubungi Kami
Kustomisasi Paket Tour
Tour ini kelihatan sangat menyenangkan! Tapi…
Jika ada perubahan kecil yang ingin Anda tambahkan/kurangi dari jadwal yang telah kami tetapkan, kami dapat melakukannya khusus untuk Anda. Kustomisasi ini bisa termasuk :
- Menambah atau menghapus penjemputan ke bandara
- Menambahkan beberapa hari perjalanan
- Memilih transportasi umum pada hari-hari tertentu
- Menyesuaikan akomodasi standar
- Menambah atau mengurangi makanan tertentu
Paket tour yang saya inginkan tidak terdapat di website , apa yang harus saya lakukan ?
Bila paket tour yang anda inginkan , tidak terdapat di website anda dapat Customisasi paket tour anda , Anda dapat menentukan sendiri
- Hotel yang di inginkan
- Transportasi yang di pake (Bisa private car atau taransportasi umum)
- Itinerary
- Makanan
- Budget
Dengan memilih model customisasi tour , anda bisa book sendiri hotel yang anda inginkan bila anda memiliki langganan hotel, atau bisa book hotel sendiri.
Untuk Request Customisasi Paket Tour Jepang sialhkan klik link berikut :
Customize Japan Private Tour Form
Paket Tour Khusus
Saya sudah membaca seluruh paket tur yang ada dan tidak ada seperti yang saya bayangkan…
Kami dapat membantu anda untuk membuat paket tur yang sepenuhnya baru dan orisinil sesuai dengan keinginan anda. Selama proses ini berlangsung, kami juga akan membantu Anda dengan cara memberikan rekomendasi ketersediaan dan kelayakan aktivitas ataupun tempat wisata yang ada di pikiran Anda.
Pada dasarnya, kami membutuhkan dua hal sebelum memproses paket tur Anda secara khusus, yaitu :
- Informasi terkait dana yang dianggarkan. Bantu kami untuk memberi informasi terkait berapa dana yang Anda anggarkan agar kami dapat membuat jadwal yang realistis dan paling cocok untuk Anda. Kami mungkin saja akan menolak permintaan pembuatan tur khusus ini jika dana yang Anda anggarkan tidak mencukupi.
- Biaya perencanaan sejumlah 10,000 yen per orang. Biaya ini akan dipotong dari total harga paket tur Anda sebelum dilakukan pelunasan. Bagaimanapun, jika Anda membatalkan permintaan pembuatan tur khusus ini, kami akan tetap menahan biaya perencaannya.
Harga dan Pembayaran
Bagaimana proses pembayaran pemesanan saya?
Meskipun harga yang tertera di situs kami merupakan harga estimasi, biasanya harga sebenarnya tetap di dalam rentang tersebut. Sehingga harga pasti dari setiap paket bisa beragam tergantung kondisi pemesanannya. Untuk dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan informasi awal terkait biaya yang dibutuhkan, kami selalu memulainya dengan estimasi biaya.
Setelah Anda menyetujui estimasi biasa, kami akan melanjutkan dengan melakukan pra-booking untuk harga sebenarnya. Anda akan menerima quotation yang berlaku selama 3 hari kerja. Setelah Anda melakukan konfirmasi, kami akan mengirimkan tagihan yang harus dilunasi dalam waktu satu pekan. Ketika pembayaran Anda telah dikonfirmasi, maka Anda akan menerima konfirmasi pemesanan via email, dan Anda bisa bersiap untuk pergi!
Mohon diperhatikan bahwa jika Anda tidak membayarkan tagihan selama periode yang ditentukan (satu minggu), harga dapat berubah, dan mungkin saja Anda diharuskan untuk mengkonfirmasi quotation baru sebelum kami dapat mengirimkan tagihan lainnya untuk Anda.
Saya memesan untuk tahun depan. Pembayaran utuh terasa sangat berat..
Anda bisa membayar dulu uang muka sebesar 10% dari harga total, namun uang ini tidak bisa dikembalikan jika Anda membatalkan perjalanan. Dalam hal ini, kami akan menerbitkan tagihan yang berbeda untuk deposit, yang juga akan berlaku selama satu pekan. Biaya keseluruhan Anda akan dikurangi uang muka yang telah dibayar, dan Anda bisa melunasinya nanti-nanti. Batas maksimal pelunasan adalah 30 hari sebelum tanggal keberangkatan.
“Mohon dicatat bahwa kami bisa saja menerapkan perbedaan harga uang muka, tergantung pada kondisi pemesanan.”
Saya sudah membayar uang muka. Kapan saya harus melunasi pembayaran?
Silahkan lihat tagihan Anda untuk detail informasi pelunasan. Pada dasarnya, pelunasan dilakukan 30 hari sebelum tanggal keberangkatan, kecuali ada kondisi-kondisi tertentu. Jika pembayaran tidak dilunasi hingga waktu tersebut, kami akan menganggap bahwa perjalanan Anda dibatalkan.
Metode pembayaran seperti apa yang anda terima?
Kami menerima pembayaran melalui transfer bank BCA. Harap diingat bahwa akan ada biaya tambahan sebesar 4,8 % yang mungkin akan dikenakan untuk semua pemesanan yang dilakukan menggunakan kartu kredit.
Pembatalan Tour
Maaf, ternyata saya harus membatalkan pemesanan saya…
Jika Anda telah melakukan pemesanan namun ingin membatalkan pemesanan, maka harap diingat kondisi-kondisi berikut. Jika Anda membatalkan pemesanan pada :
- 30 hari atau lebih dari tanggal keberangkatan, kami akan menyimpan 20% dari total biaya.
- 21 hingga 29 hari dari tanggal keberangkatan, kami akan menyimpan 50% dari total biaya.
- Kurang dari 20 hari dari tanggal keberangkatan, kami akan menyimpan 100% dari total biaya.
Harap diingat bahwa :
- Aturan pembatalan bisa saja berbeda, tergantung dari pemesanan setiap orang yang akan diinformasikan secara khusus.
- Untuk setiap pengembalian dana, Anda akan menanggung segala bentuk biaya transfer hingga pertukaran mata uang.
Informasi yang Dibutuhkan Untuk Pelunasan
Apa saja informasi yang harus saya sediakan untuk melakukan pemesanan?
Agar kami dapat mengkonfirmasi pemesanan yang Anda lakukan, Anda perlu menyediakan semua detail yang kami minta bersamaan dengan pembayaran uang muka. Detail-detail informasi yang dibutuhkan diantaranya adalah nama lengkap yang tertera di paspor, tanggal kelahiran, kewarganegaraan, tanggal pembuatan dan kadaluarsa dari paspor, dan segala catatan medis yang Anda miliki. Pemesanan Anda tidak bisa dikonfirmasi sebelum data-data tersebut lengkap.
Anda bisa mengunjungi Kondisi Pemesanan untuk lebih detailnya.
Perjalanan bersama anak/yang berkebutuhan khusus
Bisakah saya membawa anak?
Tentu bisa! Harap dicatat bahwa traveler dibawah 18 tahun harus didampingi oleh orang dewasa yang bertanggungjawab atasnya selama di Jepang. Untuk bayi (0-4 tahun) di dalam grup juga harus bersama orang dewasa yang mengasuhnya.
Apakah tour anda mengakomodasi orang berkebutuhan khusus?
Tentu saja! Meskipun beberapa tour kami dapat dijalani dengan mudah untuk orang-orang berkebutuhan khusus, beberapa tur kami yang lain bisa saja sedikit sulit untuk dilewati. Kami merekomendasikan agar Anda mendiskusikan hal ini dengan tour manajer yang bertanggungjawab terhadap permintaan Anda. Dalam kasus-kasus tertentu, Anda bisa saja memerlukan kustomisasi atau paket tur khusus untuk memastikan orang berkebutuhan khusus di dalam kelompok Anda bisa tetap merasa nyaman.
Diskon dan Program Loyalitas
Saya adalah pelanggan setia! Apakah ada program loyalitas yang bisa saya dapatkan?
Sebagai tanda terima kasih atas kesetiaaan Anda, sekali Anda menyelesaikan perjalanan bersama kami, Anda akan mendapatkan diskon sebesar 5% dari total harga yang harus dibayarkan pada pemesanan Anda yang berikutnya. Diskon ini berlaku selama 3 tahun dari perjalanan terakhir Anda bersama kami. Untuk mengklaim diskon Anda, mohon sebutkan perjalanan terakhir Anda bersama kami.
Saya membawa anak. Apakah anak-anak berhak mendapatkan diskon?
Harga tur untuk anak-anak dibawah 18 tahun bisa lebih murah, tergantung dari hotel dan aktivitas yang ada di dalamnya. Dan juga, setiap bayi (0-4 tahun) tidak dikenakan biaya selama mereka tidak membutuhkan tambahan kasur ataupun makanan.
Harap dicatat bahwa bayi akan terhitung di dalam batas maksimal personil di dalam grup. Sehingga, kehadiran bayi dapat mempengaruhi harga tur. Misalnya, bisa saja diperlukan kendaraan yang lebih besar untuk transportasi dikarenakan bayi juga membutuhkan tempat duduk.
Saya akan merayakan ulang tahun di dalam perjalanan. Apakah ada kado buat saya?
Sebelumnya, selamat ulang tahun! Kami akan memberikan diskon sebesar 5% untuk Anda yang berulang tahun selama perjalanan. Diskon ini hanya bisa dipakai sekali saja ya, dan tidak bisa digabungkan dengan program loyalitas.
Tentang Jadwal Perjalanan Anda
Kedatangan
Apakah penjemputan di bandara itu termasuk ke dalam harga?
Semua biaya perjalanan kami sudah termasuk penjemputan di bandara. Meskipun begitu, kami hanya dapat menjemput dan mengantar ke hotel hanya jika kedatangan pesawat Anda dalam rentang jam kerja Jepang (antara jam 9 pagi hingga 5 sore). Jika Anda memesan penerbangan awal ataupun akhir, Anda mungkin harus memesan taksi sendiri untuk dapat sampai ke hotel.
Apa yang harus saya lakukan pada saat kedatangan?
Setelah mengklaim bagasi dan menyelesaikan urusan bea cukai, Anda akan bertemu dengan staff/pemandu kami yang akan menunggu di lobi bandara. Anda juga dapat melakukan penukaran mata uang maupun memastikan seluler Anda aktif pada saat di bandara.
Apa yang terjadi jika kedatangan saya terlambat?
Jika Anda sudah tahu bahwa Anda akan datang terlambat, tolong beritahukan kepada manajer tour kami. Kami akan membuat perubahan yang dibutuhkan dan menyesuaikan waktu penjemputan Anda di bandara.
Namun jika Anda terlambat karena keadaan yang tidak diduga maupun delay penerbangan, tolong kabari kami secepat yang Anda bisa. Kami tidak dapat memberi penggantian kepada Anda untuk beberapa perjalanan yang mungkin saja Anda lewatkan, tapi nantinya hal ini bisa diklaim jika Anda telah memiliki asuransi perjalanan.
Akomodasi
Seperti apa akomodasi yang ada di Jepang?
Ada 2 tipe hotel di Jepang, yaitu hotel ala barat dan hotel ala Jepang (ryokan). Hotel ala barat bisa dibilang sama dengan hotel-hotel yang ada di seluruh dunia, sedangkan ryokan menggunakan jenis lantai yang berbeda (tatami) di dalam kamar dan biasanya memiliki onsen (bak air panas). Disamping menggunakan hotel, kami juga biasanya menggunakan penginapan yang dioperasikan langsung oleh keluarga (minshuku), yang mana sejauh ini adalah cara yang paling bagus untuk merasakan hangatnya kehidupan keluarga di Jepang.
Apa yang perlu saya tahu tentang Ryokan dan Minshuku?
Tinggal di ryokan dan minshuku adalah cara paling ampuh untuk merasakan kehidupan sehari-hari di Jepang. Namun ada beberapa perbedaan tertentu dengan hotel ala barat yang perlu anda perhatikan dengan baik. Berikut ini adalah daftar hal-hal khusus dalam menginap di ryokan atau minshuku :
- Sarapan yang lebih awal (6-8 pagi) dan check-out (10-11 pagi)
- Tidur di lantai (di atas futon)
- Sepatu dilepas di luar
- Biasanya tidak ada fasilitas di luar kamar (bar, restoran, klub, kolam renang)
- Pemandian pubilk (onsen)
Seperti apa standar hotel yang bisa saya Dapatkan?
Kami biasanya menggunakan hotel bintang 3 maupun bintang 4 kecuali jika hotel ini tidak tersedia di beberapa tempat tertentu, ataupun jika program kami menentukan jenis penginapan tertentu. Jika Anda ingin hotel upgrade ataupun downgrade hotel, tolong informasikan kepada manajer tour Anda selama proses pemesanan.
Apa nama hotel yang akan saya tinggali?
Kami tidak selalu menggunakan hotel yang sama meskipun dalam program yang serupa, karena memang pemilihan hotel sangat bergantung dengan harga dan ketersediaan tempat. Ketika Anda menghubungi kami, kami akan melakukan pra-booking terlebih dahulu ke hotel yang telah menjadi partner sebelum mengirimkan quotation kepada Anda. Informasi mengenai hotel yang akan Anda tempati bisa Anda cek pada quotation.
Jam berapa saya bisa check-in/check-out?
Biasanya kebanyakan hotel di Jepang bisa mulai check-in jam 3 sore dan check-out jam 10 pagi.
Apakah saya bisa meminta check-in lebih awal jika kedatangan saya juga lebih awal?
Kami tidak bisa menjamin bahwa check-in lebih awal dapat benar-benar dilakukan. Namun, kami dapat membantu Anda untuk melakukan pemesanan kamar pra-akomodasi di hotel yang sama jika Anda menginformasikannya sejak awal. Biasanya, Anda bisa menitipkan koper dan barang bawaan Anda serta beristirahat di kafe yang ada di hotel jika Anda datang terlalu awal. Atau bisa juga Anda melakukan tur setengah hari pada hari kedatangan Anda dengan sedikit tambahan biaya.
Bisakah saya memesan tambahan waktu untuk menginap di hotel?
Ya, biasanya kami memang mengijinkan kustomisasi tour termasuk tambahan akomodasi di kota-kota besar jika Anda menginformasikannya di awal. Anda bisa menghubungi tour manajer untuk info lebih detailnya.
Makanan
Makanan seperti apa yang akan disajikan?
Sarapan di hotel selalu tersedia di dalam tour kami. Untuk makan siang biasanya akan disertakan dengan beberapa pengecualian, sedangkan makan malam sangat jarang menjadi bagian dari program tour. Kecuali untuk yang menginap di ryokan atau minshuku dimana biasanya makan malam disajikan sekitar pukul 6 sore.
Jenis makanan yang disajikan biasanya beragam. Kami sering mencoba untuk memasukkan makanan lokal sebagai bagian dari program. Silakan liat jadwal Anda untuk informasi makanan lebih detail.
Apakah saya dapat memilih makanan saya sendiri ketika di restoran?
Ini sangat bergantung dari restoran itu sendiri. Jika restoran menawarkan menu a la carte, Anda bisa memesan makanan lain secara terpisah. Namun, perhatikan beberapa hal berikut :
- Anda tidak akan mendapatkan potongan maupun penggantian dari kami untuk makanan yang telah dibatalkan.
- Kami biasanya memesan makanan di awal untuk menghemat waktu di restoran.
- Makan siang di Jepang seringkali tidak memiliki opsi lain.
- Kami tidak dapat menjamin jika restoran tersebut menyedakan menu a la carte.
Pemandu Wisata
Apakah saya akan mendapatkan pemandu wisata di Jepang?
Selama hari-hari bersama pemandu wisata yang telah terjadwal, Anda akan ditemani oleh pemandu wisata kami yang sangat kompeten. Jumlah hari yang akan didampingi oleh pemandu serta hari luang bisa berbeda tergantung pada program, sehingga pastikan bahwa Anda telah melihat jadwal untuk memastikan informasi-informasi yang terkait.
Kami memiliki jaringan pemandu profesional yang sangat besar di Jepang yang menawarkan pelayanan terbaik untuk klien. Kami memiliki tujuan untuk menyajikan pengalaman paling otentik dengan menggunakan orang-orang lokal yang mengetahui kota tersebut luar dalam, sehingga Anda bisa saja mendapatkan pemandu yang berbeda selama perjalanan.
Untuk lebih detailnya, Anda bisa melihat catatan tambahan di halaman-halaman terkait.
Transportasi
Transportasi seperti apa yang akan saya dapatkan?
Secara umum, untuk kunjungan sehari-hari kami akan menggunakan transportasi pribadi. Kecuali jika transportasi dilarang oleh tempat wisata tersebut, yang mana kasus ini sangat jarang terjadi. Untuk perjalanan yang lebih dari 200 km, kami akan menggunakan shinkansen (kereta peluru) maupun kereta ekspres. Harap diingat bahwa kami tidak menanggung transportasi di hari apapun tanpa pemandu wisata, kecuali untuk kasus-kasus tertentu. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih leluasa dalam menikmati hari luang.
Apakah biaya sudah termasuk dengan transfer bandara?
Tour kami biasanya sudah termasuk dengan penjemputan di bandara menggunakan mobil pribadi. Pengantaran ke bandara di hari keberangkatan biasanya tidak termasuk secara default, karena memang kami biasanya sudah mengatur kedekatan hotel dengan bandara agar bisa lebih terjangkau dengan mudah. Mohon informasikan kepada kami terlebih dulu jika Anda memerlukan pengantaran ke bandara di hari terakhir.
Apakah saya dapat melakukan kustomisasi metode transportasi?
Penggantian metode transport menggunakan kereta sangat bisa dilakukan, namun juga bergantung pada program yang telah ada. Perlu diingat juga bahwa beberapa tujuan hanya bisa dicapai menggunakan transportasi pribadi.
Kegiatan
Apakah saya boleh untuk tidak ikut beberapa kegiatan?
Tentu saja! Jika ada kegiatan yang tidak ingin Anda ikuti, Anda boleh untuk tidak ikut kegiatan tersebut. Hanya saja, untuk aktivitas berupa perjalanan antar tempat wisata, Anda diharuskan untuk ikut. Dan juga, kami tidak akan menjamin bahwa Anda akan mendapatkan ganti rugi untuk setiap kegiatan yang tidak Anda ikuti.
Apakah saya boleh untuk menambah beberapa kegiatan?
Cara paling mudah untuk menambahkan beberapa kegiatan adalah dengan cara melakukannya ketika proses pemesanan. Kami tidak dapat menjamin bahwa tambahan kegiatan secara dadakan selama Anda di Jepang dapat terakomodasi dengan baik, termasuk juga kaitannya dengan biaya tambahan yang diperlukan.
Apakah kegiatannya akan sulit untuk dilewati?
Karena Jepang memiliki infrastruktur yang sangat memadai, perjalanan kita akan relatif mudah. Seringnya, perjalanan ini dapat dilalui dengan level kebugaran yang menengah. Jika kondisi fisik Anda membutuhkan program khusus, akan lebih baik jika Anda mengaturnya ketika masih dalam proses pemesanan. Anda dapat melihat jadwal online kami untuk deskripsi detail jadwal perjalanan setiap program kami.
Apakah saya akan mendapatkan waktu luang?
Tentu saja! Umumnya, Anda akan memiliki hari luang ketika kedatangan dan keberangkatan Anda. Beberap tur bahkan memiiliki beberapa hari yang memang sudah direncanakan sebagai hari luang sehingga Anda bisa lebih leluasa menikmati waktu di Jepang.
Menyiapkan Perjalanan
Tiket Pesawat ke Jepang
Apakah tiket pesawat internasional termasuk ke dalam biaya?
Karena kami memberikan pelayanan untuk para turis dari seluruh dunia, kami tidak dapat memasukkan tiket pesawat ke dalam biaya kami. Sehingga, kami meminta Anda untuk menjadwalkan penerbangan Anda sendiri.
Penerbangan mana yang harus saya pesan?
Anda bisa melihat bandara yang kami rekomendasikan di catatan tambahan untuk setiap paket tour yang kami tawarkan. Namun hal ini bisa diatur ulang jika penerbangan tersebut tidak tersedia dari negara Anda.
Asuransi Perjalanan
Apakah asuransi perjalanan termasuk ke dalam biaya?
Sayangnya tidak. Asuransi perjalanan bisa diurus sendiri oleh turis ketika proses pemesanan. Meskipun kami tidak mewajibkan asuransi di dalam tour kami, namun kami sangat menyarankan penggunaan asuransi yang akan menanggung liburan Anda jika seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama perjalanan.
Apa saja yang ditanggung oleh asuransi perjalanan?
Paling minim, asuransi perjalanan akan menanggung kecelakaan pribadi, kematian, biaya pengobatan hingga kebutuhan pribadi serta darurat dengan cakupan minimum sebesar USD 200,000. Kami juga merekomendasikan bahwa cakupan tersebut juga meliputi pembatalan, pembatasan hingga hilangnya barang-barang pribadi.
Syarat Kesehatan
Apakah ada vaksin khusus yang dibutuhkan untuk masuk ke Jepang?
Tidak ada vaksin khusus untuk dapat masuk ke Jepang.
Apakah saya membutuhkan surat keterangan sehat untuk mengikuti program?
Meskipun kami sangat memperhatikan klien, kami tidak membutuhkan surat keterangan sehat secara administratif. Sehingga, kami akan memastikan kepada Anda bahwa program yang Anda pilih cocok dengan kondisi kesehatan Anda. Sehingga kami juga membutuhkan informasi yang sebenarnya dari Anda dalam hal ini untuk memberikan rekomendasi yang paling optimal.
Uang dalam JPY (YEN)
Kapan seharusnya saya menukarkan mata uang, sebelum atau ketika sampai di Jepang?
Meskipun sebenarnya Anda bisa saja menukarkan uang dengan mudah di bandara, sebaiknya Anda tetap menukar mata uang sebelum Anda sampai di Jepang. Kami tidak dapat menjamin bahwa nantinya Anda dapat menemukan ATM maupun tempat penukar mata uang selama perjalanan.
Berapa banyak uang yang perlu saya bawa dalam perjalanan ini?
Kami merekomendasikan Anda untuk membawa uang tunai serta kartu kredit. Biasanya, setidaknya miilikilah uang tunai sebesar 10,000 yen setiap harinya. Meskipun pengeluaran Anda kebanyakan sudah termasuk dalam biaya perjalanan, Anda tetap butuh uang untuk membeli minuman & makanan tambahan, belanja, dan sebagainya. Silakan bisa dilihat lagi jadwal perjalanan untuk mendapatkan informasi lebih detail.
Barang yang Perlu Dipersiapkan
Apakah ada dokumen khusus yang harus saya bawa?
Sama seperti tour luar negeri yang lain, pastikan Anda membawa paspor, visa tiket serta dokumen perjalanan yang sejenisnya. Selain itu, kami membutuhkan Anda untuk mengisi formulir data diri yang ditandatangani. Anda juga bisa mengisi form tersebut sebelum berangkat lalu mengirimkan emailnya kepada kami.
Pakaian seperti apa yang harus saya siapkan?
Sangat disarankan untuk Anda membawa pakaian yang cocok dengan musim yang sedang berlangsung di Jepang. Jika Anda tiba di akhir musim gugur (November), musim dingin (Desember – Februari), atau awal musim panas (Maret), Anda bisa membawa jaket dan mantel untuk menghangatkan tubuh. Demikian juga jika Anda tiba pada musim panas (Juli – Agustus), bawalah topi atau perlengkapan lain yang dapat melindungi Anda dari panas. Anda mungkin saja juga perlu membawa kacamata anti matahari serta sunblock untuk musim panas, dan juga lotion serta lip balm untuk musim dingin.
Karena kondisi geografis di Jepang sangat beragam, kondisi cuaca bisa sangat berbeda-beda. Selalu bersiap untuk menghadapi hujan maupun salju.
Sesampainya di Jepang
Bahasa dan Komunikasi
Apakah penduduk Jepang menguasai bahasa asing?
Meskipun Jepang termasuk peringkat rendah yang berbahasa inggris, Anda tidak perlu khawatir. Seluruh stasiun kereta api memiliki tanda informasi dengan minimal 4 bahasa : Inggris, Jepang, Cina dan juga Korea (tanda berbahasa Prancis dan Spanyol akan segera ditambahkan). Seluruh peta dan juga jalan selalu tersedia dalam 2 bahasa : Jepang dan Inggris.
Hampir kebanyakan penduduk Jepang memiliki dasar bahasa Inggris yang baik, sehingga Anda bisa mengandalkan frasa-frasa sederhana untuk berjalan-jalan tanpa tersesat. Juga, baru-baru ini semua taxi di Tokyo telah dilengkapi dengan buku kamus frasa dalam bahasa Inggris yang bisa memudahkan Anda untuk sampai ke tempat tujuan.
Agama dan Gaya Hidup
Apakah saya bisa menjalankan ibadah agama saya di Jepang?
Jepang adalah negara yang sangat toleran terhadap semua agama. Namun perlu jadi catatan khusus bahwa, meskipun Gereja Kristen sangat dominan dan dapat ditemukan dengan mudah, cukup sulit untuk menemukan Masjid di luar kota-kota besar.
Kamar-kamar untuk sholat tersedia di hampir kebanyakan bandara. Jepang juga memiliki industri halal yang sedang berkembang pesat sehingga menemukan tempat kosher bersertifikat halal sangat mungkin dilakukan meskipun cukup sulit. Silakan tanya ke staff kami untuk bantuan terhadap hal ini.
Apakah saya bisa melakukan kustomisasi menu untuk menyesuaikan agama maupun gaya hidup saya?
Tolong infokan selama masa pemesanan paket tur terkait hal ini agar kami dapat menyesuaikan permintaan Anda.
Telekomunikasi
Apakah saya bisa menggunakan telepon seluler saya di Jepang?
Meskipun hampir semua telepon modern dapat bekerja di Jepang, perlu diperhatikan bahwa GSM seri tua tidak cocok dengan jaringan yang ada di Jepang (3G UMTS 2100 MHz, 3G CDMA2000 800 MHz, atau LTE band 1). Juga perlu diperhatikan bahwa Anda mungkin saja dapat dikenai biaya yang tinggi untuk roaming data (misalnya menerima atau mengirim email menggunakan SMS).
Apakah saya bisa menyewa telepon seluler saya di Jepang?
Ya, telepon seluler dan kartu SIM dapat disewa dan dikembalikan ke bandara. Anda hanya perlu menunjukkan kartu identitas serta kartu kredit. Anda hanya akan ditagih biaya sewa (total hari penggunaan telepon seluler tersebut) dan juga penggunaan data di telepon.
Apakah saya bisa menggunakan internet gratis di Jepang?
Hampir semua hotel di Jepang menawarkan internet gratis untuk kamar pengunjung. Di beberapa hotel yang lain memberikan beban biaya internet per 24 jam. Akses internet biasanya disediakan via jaringan nirkabel. Di beberapa hotel yang lebih tua, mungkin Anda perlu meminjam serta melakukan instalasi perangkat keras tertentu untuk membuat kamar Anda mendapatkan koneksi internet.
Internet di dalam kamar ini agak kurang di ryokan, karena biasanya mereka menyediakan internet dari lobi. Bahkan ada juga beberapa ryokan dan minshuku yang tidak memiliki akses internet dengan jenis apapun, terutama di tempat-tempat yang jauh dari kota-kota besar.
Namun jangan khawatir, Anda juga bisa menyewa Wi-Fi portabel di bandara dengan biaya sekitar 1,000 yen setiap harinya. Karena Wi-Fi portabel ini dapat disambungkan dengan beberapa gawai dalam sekali waktu, ini dapat menjadi alternatif yang cukup baik untuk dipilih.
Apakah Wi-Fi hotspot selalu tersedia di Jepang?
Meskipun tidak di semua tempat tersedia, Anda dapat menemukan berbagai jenis Wi-Fi, baik itu yang gratis maupun yang berbayar di Jepang. Laptop serta handphone dapat terkoneksi hotspot yang ada di bandara, stasiun kereta, hotel hingga bar dengan mudah, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini.
Kartu Debit/Kredit & ATM
Apakah saya dapat menggunakan kartu kredit/debit?
Kartu kredit tetap tidak lebih populer dibanding dengan uang tunai. Hanya toko-toko besar dan supermarket yang menerima kartu kredt, dan hanya beberapa diantaranya saja yang bisa menerima VISA atau MasterCard. Sebagai tambahan, mungkin saja Anda perlu menunjukkan paspor dengan kartu Anda untuk mendapatkan uang muka di bank, dan sebagian besar ATM justru tidak menyediakan uang tunai untuk kartu kredit sama sekali. Sehingga sangat disarankan agar Anda membawa uang tunai lebih banyak dari biasanya.
Perlu diingat juga bahwa sebagian besar bank di Jepang tidak menerima cek dari luar negeri.
Tolong beritahu saya lebih jauh tentang ATM di Jepang!
Layanan ATM di Jepang umumnya disediakan hanya untuk penarikan. ATM sudah sangat biasa di kota-kota besar, namun biasanya tidak menerima mata uang asing baik untuk kartu debit maupun kredit kecuali yang dijalankan oleh bank internasional seperti Citigroup. Di luar kota-kota besar, ATM terhitung jarang.
Banyak ATM di Jepang tidak buka selama 24 jam. ATM biasanya tutup pada saat malam (biasanya jam 7 malam dalam hari kerja, jam 5 sore untuk hari sabtu). Namun, toko-toko seperti 7-Eleven dan sejenisnya menyediakan ATM yang beroperasi selama 24 jam penuh, serta menerima kartu kredit dan debit internasional.
Sebagai catatan tambahan, apapun ATM yang Anda gunakan, Anda akan dikenakan biaya sebesar 216 yen kapanpun Anda menarik uang di ATM di Jepang.
Tip
Seberapa banyak saya perlu memberi tip di Jepang?
Tip termasuk hal yang kurang umum di Jepang, karena biaya layanan biasanya sudah termasuk ke dalam tagihan yang harus dibayarkan. Sehingga meninggalkan uang berlebih bisa jadi akan menimbulkan kesalahpahaman.
Namun, ada pengecualian dimana untuk ryokan kelas atas (hotel tradisional Jepang), dimana jika Anda merasa menikmati tinggal di sana, Anda dapat memberikan sedikit tambahan uang di dalam amplop khusus.
Kesehatan & Keamanan
Apakah air keran di Jepang aman untuk diminum?
Ya, air keran di Jepang itu aman untuk diminum.
Apakah saya akan aman di Jepang?
Meskipun Jepang merupakan salah satu negara paling aman di dunia, kami tidak bisa menjamin bahwa Anda akan 100% aman selama disana. Sehingga, kami tetap merekomendasikan Anda untuk mengasuransikan perjalanan Anda.
Selalu waspada terhadap gempa bumi dan angin topan yang sering terjadi di Jepang. Anda bisa mengikuti tips selanjutnya untuk panduan keamanan di situasi tersebut.
Prosedur Keselamatan
Gempa bumi yang besar baru saja terjadi. Apa yang harus saya lakukan?
- Memadamkan api dan mematikan peralatan listrik
- Membuka semua pintu yang mengarah keluar
- Hindari jendela dan pecahan kaca. Jika ada waktu, tutup tirai untuk menahan serpihan kaca dari jendela.
- Jangan buru-buru keluar, karena banyak orang justru terluka karena tertimpa tembok maupun batu bata. Usahakan berlindung di bawah sesuatu yang kuat, seperti meja.
- Jika Anda sedang berada di ruangan terbuka, segera menuju taman terbuka atau tempat lapang yang paling dekat
- Jika gempa bumi terjadi pada saat malam hari, pastikan Anda memiliki senter. Semua hotel dan ryokan menyediakan senter di kamarnya
- Sesaat setelah getaran terasa berkurang, segera menuju ke tempat lapang dengan membawa dokumen dan barang-barang lainnya. Anda juga bisa menggunakan bantal atau yang sejenisnya untuk melindungi kepala.
- Pada akhirnya, Anda perlu menghubungi pusat gawat darurat di lingkungan tersebut serta menghubungi kedutaan.
Angin topan yang besar baru saja terjadi. Apa yang harus saya lakukan?
- Selalu bersiap untuk menentukan tujuan evakuasi, dan selalu bawa perlengkapan siaga bencana kemanapun.
- Jauhi sungai dan aliran air yang besar, karena sangat mungkin aliran itu meluap sewaktu-waktu.
- Tutup jendela dan pintu untuk menghindari objek-objek dari luar masuk.
- Hati-hati dengan kebocoran yang ada di jendela ataupun pintu. Usahakan tutup rapat-rapat menggunakan handuk atau kain lap.
- Jika badai semakin parah, segera mencari tempat agar terhindar dari jendela maupun kaca.
- Setelah angin topan berkurang, perika pecahan-pecahan kaca, kabel-kabel yang jatuh serta objek-objek yang ketidaktepatannya dapat memperburuk keadaan.
Kecelakaan
Bagaimana jika terjadi kecelakaan yang membuat saya tidak dapat melanjutkan perjalanan?
Kami akan berusaha untuk membantu Anda secepat mungkin. Jika Anda perlu meninggalkan perjalanan untuk keperluan pengobatan, kami akan membantu Anda untuk menemukan pusat kesehatan yang sesuai dan memastikan orang terdekat Anda mengetahui kondisi Anda. Asuransi perjalanan Anda seharunya mampu menanggung segala bentuk biaya yang harus dibayarkan atas sakit maupun cidera. Harap dicatat bahwa kami tidak bertanggung jawab atas segala tagihan medis Anda.
Orang berkebutuhan khusus
Saya memiliki beberapa kekurangan fisik. Apakah saya bisa menikmati Jepang?
Bisa dibilang, Jepang memiliki fasilitas infrastruktur untuk orang berkebutuhan khusus yang paling baik. Stasiun-stasiun besar, bandara, serta hotel dan juga toko-toko dan juga teater di Jepang sangat ramah terhadap pengunjung dengan kebutuhan kursi roda. Sekitar 35% kereta di Jepang bisa diakses dengan baik, dan angka ini terus meningkat. Toilet tanpa pembatas juga bisa digunakan di lebih dari setengah stasiun kereta, dan dapat ditemukan di gedung-gedung baru. Kebanyakan hotel di pinggir jalan juga memiliku jalan yang bisa dilewati oleh pengunjung yang menggunakan kursi roda.